BERGEGAS MENUJU KEBENARAN

Syarat di terimanya Amal Itu ada dua yaitu Ikhlas dan Ittiba' (mengikuti contoh nabi). kedua syarat ini tidak bisa dipisahkan, beribadah hanya dengan ikhlas tanpa mengikuti contoh nabi atau mengikuti contoh nabi tanpa keikhlasan membuat amal menjadi sia-sia. 

Dengan demikian syarat ittiba' itu ada enam unsur di dalamnya :
1. sesuai dengan sebabnya
2. sesuai tata caranya
3. sesuai dengan bilangannya
4. sesuai tempatnya
5. sesuai jenisnya
6. sesuai waktunya


dan ketahuilah, bahwasanya Alloh menganugerahi Akal kepada kita untuk memahami (Al-Qur'an dan Sunnah) bukan untuk menghukuminya. jikalau dalil yang shahih datang dari Alloh dan Rosulnya maka wajib bagi seorang muslim untuk menerimanya dan tidak mendahului akal apalagi membantahnya. Maka dari itulah ulama menasehati bagi para penuntut ilmu "janganlah kalian mencari ilmu untuk membantah para ulama, menandingi para ahli ilmu, mencari cinta manusia. karena jika itu terjadi maka niscaya kemurkaan Alloh akan turun". karena tujuan dari belajar (menuntut ilmu) itu hakikatnya adalah untuk mengangkat kebodohan yang ada pada diri dan orang lain.
maka jadilah penuntut ilmu yang senantiasa istiqomah (terus menerus) mencari kebenaran dan tegar berada diatas sunnah meski seperti menggenggam bara api. jadilah penuntut ilmu yang gigih layaknya mujahid, seperti sya'ir berikut :
kalau ada sejuta mujahid, maka salah satunya adalah aku.
kalau ada seribu mujahid, maka salah satunya adalah aku.
kalau ada seratus mujahid, maka salah satunya adalah aku.
kalau ada sepuluh mujahid, maka salah satunya adalah aku.
kalau hanya ada satu mujahid, maka mujahid itu adalah aku.
kalau sudah tidak ada lagi mujahid, maka saksikanlah bahwasanya aku telah syahid.
Semoga Alloh menunjukkan jalan kebenaran kepada kita, agar di terima seluruh amal dan kembali kepadaNya dalam keadaan Khusnul Khatimah. Amin Ya Robbal 'alamin..

0 komentar:

Posting Komentar